Logo Bloomberg Technoz

Muhaimin Isyaratkan PKB akan Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Muhammad Fikri
24 April 2024 17:40

Prabowo dan Cak Imin (Dok. Istimewa)
Prabowo dan Cak Imin (Dok. Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar memberikan isyarat partainya akan bergabung koalisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kita berharap PKB dan Gerindra terus menjalin kerjasama lewat berbagai Bidang Legislatif, maupun diberbagai ikhtiar mewujudkan suksesnya menuju masyarakat adil dan makmur," kata Muhaimin usai kunjungan Prabowo sebagai presiden terpilih 2024-2029 di DPP PKB, Rabu (24/4/2024).

"PKB dan Gerindra sebagai partai yang selama ini kerjasama di parlemen maupun di eksekutif, ingin terus bekerja sama lebih produktif lagi."

PKB dan Partai Gerindra memang menjadi koalisi dalam kurun lima tahun terakhir. Mereka bersatu dalam koalisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. Pada pemerintahan, kedua partai ini juga mengirimkan kadernya menjadi pejabat pada Kabinet Indonesia Maju.

Prabowo sendiri memang nampak ingin memiliki koalisi gemuk pada pemerintahannya bersama Gibran Rakabuming Raka. Dia ingin meniru kondisi politik pada periode kedua pemerintahan Jokowi yang sempat menyisakan posisi oposisi hanya bagi Partai Demokrat dan PKS.