Logo Bloomberg Technoz

Hukuman tiga tahun untuk Zhao, yang ikut mendirikan Binance, akan menjadi dua kali lipat dari hukuman yang seharusnya dia jalani sebelumnya.

Dalam pengajuan terpisah, pengacara Zhao berargumen bahwa dia seharusnya menerima masa percobaan daripada hukuman penjara, dengan alasan kurangnya preseden penahanan dalam kasus serupa.

Lebih dari 160 teman, kolega, dan investor Zhao mengajukan surat ke pengadilan dalam upaya meyakinkan hakim agar bersikap lunak saat menjatuhkan hukuman.

Dalam suratnya sendiri ke pengadilan, Zhao meminta maaf atas tindakannya dan menyesali harus melepaskan pekerjaan seumur hidupnya ketika dia mengundurkan diri dari perusahaan.

“Saya berasumsi saya akan melakukan hal itu selama beberapa dekade mendatang,” katanya tentang masa kepemimpinannya. “Kehidupan itu tidak ada lagi bagi saya. Sulit untuk menerima hal itu pada awalnya, tapi saya telah menerimanya.”

Kasus Zhao adalah hukuman besar kedua tahun ini bagi seorang eksekutif kripto di pengadilan AS.

Jaksa dalam kasus terhadap mantan bos FTX Sam Bankman-Fried awalnya meminta hukuman hingga 50 tahun atas perannya dalam keruntuhan platform tersebut pada 2022.

Pedoman hukuman pidana dalam kasus tersebut merekomendasikan hukuman 100 tahun, namun Bankman-Fried akhirnya dijatuhi hukuman 25 tahun penjara pada Maret.

Binance berjanji untuk membuat beberapa perubahan pada struktur dan transparansinya setelah kasusnya di AS, termasuk pendirian kantor pusat global.

Pertukaran tersebut menerima pendaftaran penuh layanannya yang telah lama ditunggu-tunggu di Dubai awal bulan ini, setelah Zhao setuju untuk menyerahkan kendali suara di entitas lokal.

(bbn)

No more pages