Logo Bloomberg Technoz

Kekhawatiran Pasar Mereda, IHSG Berpotensi Lanjut Menguat

Muhammad Julian Fadli
24 April 2024 08:29

Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu 24 April 2024, berpotensi melanjutkan tren penguatan, terangkat oleh data ekonomi Amerika Serikat semalam. Termasuk antisipasi data yang akan terbit siang ini, yaitu kebijakan moneter Bank Indonesia. 

Adapun pada perdagangan kemarin Selasa 23 April, IHSG berhasil menguat 36,99 poin atau mencatat kenaikan 0,52% dan menutup perdagangan pada level 7.110.

Analisis Teknikal IHSG Rabu 24 April 2024 (Riset Bloomberg Technoz)

Secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatan namun masih dengan laju yang terbatas, bergerak di kisaran sempit menuju trendline garis putih pada area level 7.150–7.180. Untuk resistance selanjutnya ada level 7.240 yang jadi target potensial. Dengan terkonfirmasi memiliki support kuat IHSG pada level 7.050 di time frame daily-nya.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global, dan dalam negeri. Semalam, Purchasing Managers Index Composite S&P Global Amerika Serikat melandai menuju level 50,9 pada April dari pencapaian 52,1 pada bulan sebelumnya, menandakan hanya sedikit ekspansi di sektor swasta negara itu, sekaligus menjadi yang paling soft sejak Desember.

Aktivitas meningkat pada kecepatan yang lebih lambat di sektor manufaktur dan jasa, dengan tingkat pertumbuhan melemah ke posisi terendah dalam tiga dan lima bulan di tengah tanda-tanda pelemahan permintaan secara masing-masing, mengutip tradingeconomics