Logo Bloomberg Technoz

Tekanan ini bahkan lebih berat lagi bagi BI, yang mandat utamanya adalah menjamin stabilitas mata uang dan sangat sensitif terhadap perubahan sentimen investor asing.

“Ada ketidakpastian yang cukup besar mengenai arah suku bunga global, khususnya bagi The Fed,” kata Radhika Rao, ekonom di DBS Group Holdings Ltd. 

"Pasar mengharuskan bank sentral untuk mempertahankan perbedaan yang menguntungkan dengan Departemen Keuangan AS dan menunda dimulainya siklus pelonggaran hingga akhir tahun.”

Pergerakan rupiah dan SBN./dok. Bloomberg

Dengan nilai tukar rupiah yang berada pada titik terendah di era pandemi dan investor asing menarik US$2,1 miliar dari pasar obligasi negara tahun ini, “nada pertemuan ini hampir pasti akan berpihak pada sikap hawkish,” menurut ekonom di Morgan Stanley.

Gubernur BI Perry Warjiyo tampaknya mengurangi nada dovish sebelumnya dalam sebuah pernyataan pada Jumat, dengan mengatakan bank sentral akan memastikan stabilitas nilai tukar dengan intervensi pasar dan “langkah-langkah lain yang diperlukan” seiring dengan meningkatkan penjualan dolar di pasar spot dan derivatif untuk menopang menaikkan mata uangnya.

Hal ini merupakan tanggapan terbaru dari negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini yang mengambil pendekatan habis-habisan untuk menopang rupiah.

Bank sentral menaikkan premi surat berharga rupiah, atau SRBI – instrumen moneter yang digunakan bersama dengan suku bunga kebijakan untuk memikat arus masuk. Pemerintah juga memerintahkan perusahaan-perusahaan milik negara untuk menahan pembelian dalam jumlah besar dalam dolar dan impor barang-barang konsumsi.

“BI akan memiliki ruang untuk melakukan berbagai kebijakan intervensi guna menstabilkan rupiah dan hanya melakukan kenaikan suku bunga sebagai upaya terakhir,” kata Lionel Priyadi, ahli strategi makro PT Mega Capital Sekuritas di Jakarta.

Cadangan devisa Indonesia mencapai US$140 miliar pada akhir Maret, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Oktober ketika bank sentral terakhir kali menaikkan suku bunga.

Namun, intervensi valuta asing yang berkelanjutan untuk mendukung rupiah mungkin tidak berkelanjutan dan menguras likuiditas sistem keuangan, menurut PT Bahana Sekuritas Satria Sambijantoro, yang memperkirakan kenaikan sebesar 25 basis poin pada hari Rabu dan satu lagi pada bulan Mei.

Kenaikan suku bunga, jika hal itu terwujud, akan mengangkat suku bunga acuan ke level tertinggi sejak diperkenalkan pada tahun 2016.

Namun, langkah tersebut dapat dipandang oleh investor sebagai “peningkatan kepanikan,” kata Euben Paracuelles, ekonom Nomura Holdings Inc di Singapura.

“Hal ini bisa menjadi kontraproduktif mengingat kemungkinan reaksi negatif di pasar obligasi yang pada gilirannya dapat menyebabkan arus keluar dan melemahkan tujuan stabilitas nilai tukar BI.”

(bbn)

No more pages