Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Anjlok, Pemerintah Agresif Dorong Transaksi Local Currency

Azura Yumna Ramadani Purnama
23 April 2024 09:40

Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menempuh berbagai langkah untuk mengatasi anjloknya nilai tukar rupiah. Salah satunya dengan mendorong transaksi mata uang lokal (local currency transaction/LCT).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut satuan tugas (satgas) nasional LCT terus mendorong transaksi menggunakan mata uang lokal dengan beberapa negara, seperti Thailand, Malaysia jepang dan China.

"Kita juga dorong local currency transaction, dengan satgas nasional LCT," kata Airlangga kepada awak media di kantornya, Senin (22/4/2024).

Ia menyebut, RI juga sedang berupaya memperluas kerjasama penggunaan mata uang lokal dengan beberapa negara lainnya, seperti yang saat ini sedang dilakukan dengan Singapura dan Korea Selatan.

Menurut Airlangga, proses kerjasama penggunaan mata uang lokal dengan kedua negara tersebut telah memasuki tahapan penyusunan Memorandum of Understanding (MoU).  Selanjutnya, RI juga sedang membidik perluasan kerjasama dengan India, Saudi Arabia, dan seluruh negara yang berada di ASEAN.