Logo Bloomberg Technoz

Waspada Gejala Jantung Melambat yang Bisa Bahayakan Nyawa

Dinda Decembria
22 April 2024 12:00

Ilustrasi Jantung. (Envato/MEFTAHYs-PROTOTYPE)
Ilustrasi Jantung. (Envato/MEFTAHYs-PROTOTYPE)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bradikardia adalah kondisi saat jantung berdetak lebih lambat dari normalnya. Bagaimana cara kita mengenali tanda gejala jantung melambat?

Dokter spesialis  jantung dan pembuluh darah, dr Makhyan Jibril Al Farabi, Sp. JP menjelaskan dengan deteksi tanpa alat melalui teknik 'Menari' (Meraba Nadi Sendiri) kita bisa mengetahui tanda gejalanya.

"Dalam waktu 1 menit kurang dari 60 ketukan saatnya berangkat ke dokter, kemudian tiba-tiba detak satu dengan detak lain beda, dan detak kenceng juga tiba-tiba 150 ketukan, saatnya harus dibawa ke RS," kata dokter Jibril dalam live Kementerian Kesehatan.

Untuk kondisi pasien yang divonis jantung aritmia akan mengalami jatuh pingsan. Selain itu banyak kasus kata dokter Jibril kurangnya aware (kesadaran) menjadi perburukan sehingga pasien bisa meninggal secara mendadak.

Faktor risiko yang menimbulkan jantung seseorang melambat ialah pada kasus denegeratif pada lansia. Selain itu, ada juga kasus bawaan kelainan jantung sejak lahir.