Logo Bloomberg Technoz

"Kami juga perlu memastikan bahwa pendapatan negara meningkat terutama di tengah penguatan dolar, karena pendapatan kami sebagian berasal dari valas, yang juga bisa berguna dari cara yang paling optimal," kata Sri Mulyani.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani menjelaskan pergerakan dari nilai tukar berdampak pada banyak indikator ekonomi dan keuangan Indonesia. Dari sisi ekspor, pendapatan akan menjadi jauh lebih baik, karena mereka akan menerima mata uang lokal lebih banyak.

"Tapi dalam beberapa kasus, kami bergantung pada beberapa impor dan hal itu akan membutuhkan rupiah lebih banyak untuk menjadi dolar dan akan terjadi imported inflation, juga berdampak pada inflasi di Indonesia," ujar Sri Mulyani.

Maka itu, dia menegaskan Indonesia harus sangat hati-hati, terutama karena pergerakan datang dari kebijakan negara-negara maju, khususnya kebijakan Amerika Serikat (AS). Negara-negara berkembang tentu harus benar-benar waspada dengan perkembangan ini.

Kendati demikian, Bendahara Negara meyakini struktur makro ekonomi Indonesia masih kuat dan tahan terhadap krisis, seperti halnya yang telah dilewati ketika krisis finansial global beberapa waktu lalu.

"Tapi apa yang telah kami lakukan sejak krisis finansial asia dan global banyak exercise yang sudah kami lakukan untuk menangani krisis. Dalam pandangan ekonomi, kami memiliki struktur yang kuat dan resilient untuk menghadapi krisis," papar Sri Mulyani. 

Rupiah kembali melemah dalam pembukaan perdagangan pagi ini, Jumat (19/4/2024) tersengat sentimen negatif pasar global yang tertekan wacana potensi kenaikan lagi bunga Federal Reserve akibat inflasi yang menguat.

Rupiah dibuka melemah 0,61% ke kisaran Rp16.278/US$, menjadi valuta Asia terlemah ketiga setelah won Korea Selatan (-1,29%) dan peso Filipina (-0,6%). Sementara dolar Taiwan juga melemah (-0,45%), dong Vietnam (-0,31%) juga dolar Singapura (-0,21%).

Nyaris semua mata uang Asia pagi ini terkapar akibat penguatan dolar AS yang semakin digdaya disulut pernyataan hawkish para pejabat The Fed. 

Rupiah sudah menjebol level support dan kini bergerak menuju Rp16.300/US$ sebagai level psikologis pelemahan terdekat. 

(lav)

No more pages