Logo Bloomberg Technoz

Hamas Dukung Serangan Iran ke Israel, Sebut Hak Membela Diri

Redaksi
15 April 2024 10:10

Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)
Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hamas menyatakan dukungan kepada Iran setelah meluncurkan ratusan rudal dan drone ke Israel. Serangan tersebut dilakukan sebagai pembalasan atas tindakan Israel terhadap konsulatnya di ibu kota Suriah, Damaskus, yang menewaskan pejabat militer negara tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Sabtu (13/04/2024), Hamas menegaskan "hak" negara-negara dan masyarakat di Timur Tengah untuk membela diri "dalam menghadapi agresi dari Zionis".

"Operasi militer yang dilakukan Iran terhadap entitas Zionis adalah hak natural, dan merupakan respons terhadap kejahatan yang menargetkan konsulat di Damaskus," ungkap pihak Hamas seperti diberitakan Al Jazeera.

Salvo Iran, yang ditembakkan pada Sabtu malam, menurut pihak militer Israel terdiri lebih dari 300 rudal jelajah, rudal balistik, dan drone. Sekitar 99% proyektil diklaim telah berhasil dicegat dengan bantuan Prancis, Inggris, dan AS.

Duta besar Iran untuk PBB, Amir Saeid Iravani, dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB yang digelar pada Minggu (14/04/2024) menegaskan tindakan negaranya sangat diperlukan dan proporsional.