Logo Bloomberg Technoz

AS Tak Mau Ikut Campur dalam Konflik Iran vs Israel

Redaksi
15 April 2024 09:20

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gedung Putih telah memperingatkan Israel bahwa AS tidak akan berpartisipasi dalam serangan balasan apa pun terhadap Iran.

Dikutip dari BBC, para pejabat pemerintah mengatakan Presiden AS Joe Biden telah mendesak Israel untuk mempertimbangkan tanggapannya terhadap serangan Iran dengan "hati-hati.

Berbicara pada wartawan pada Minggu (14/04/2024), seorang pejabat senior pemerintahan mengatakan Biden berpesan kepada Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk "berpikir dengan sangat hati-hati dan strategis" tentang bagaimana pasukannya akan membalas tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini merupakan serangan langsung pertama yang dilakukan Iran terhadap Israel.

Percakapan yang terjadi antara Biden dan Netanyahu dilakukan di saat "emosi memuncak" tepat setelah serangan itu. Selama panggilan telepon, kedua pemimpin berdiskusi "tentang bagaimana mengurangi ketegangan dan memikirkan segala sesuatunya." 

Dalam serangkaian tayangan televisi sebelumnya, juru bicara keamanan John Kirby berulang kali mengatakan bahwa AS telah menjelaskan kepada Israel bahwa pihaknya berupaya menghindari konflik yang lebih luas. Pesan yang sama juga disebut telah dikirim ke Iran melalui saluran diplomatik.