Logo Bloomberg Technoz

Bukan dengan RI, AS Bikin Deal Hilirisasi Nikel dengan Filipina

News
12 April 2024 11:10

Bola-bola nikel./Bloomberg-Cole Burston
Bola-bola nikel./Bloomberg-Cole Burston

Cliff Venzon - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) berencana untuk mendukung proyek infrastruktur, semikonduktor, dan pemrosesan nikel di Filipina, seiring dengan upaya sekutu lama tersebut untuk mengembangkan kemitraan investasi setelah menghidupkan kembali hubungan pertahanan.

Inisiatif tersebut, yang diuraikan dalam lembar fakta Gedung Putih pada Kamis, diumumkan ketika Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. mengunjungi Washington untuk pertemuan trilateral pertamanya dengan Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Filipina memperkuat hubungan ekonomi dengan AS dan Jepang pada saat hubungan Manila dengan mitra dagang utama China tegang karena persaingan klaim teritorial di Laut Cina Selatan.

Dalam kolaborasi penting ini, AS, Filipina, dan Jepang berkomitmen untuk mempercepat investasi di Koridor Ekonomi Luzon, yang akan mendukung konektivitas antara Subic Bay dan Clark – dua bekas pangkalan militer AS yang berubah menjadi pusat komersial – Manila, dan provinsi Batangas di pulau utama negara tersebut.