Logo Bloomberg Technoz

Proyek-proyek tersebut mencakup modernisasi kereta api dan pelabuhan, energi ramah lingkungan, rantai pasokan semikonduktor, agribisnis, dan peningkatan pelabuhan sipil di Teluk Subic.

Untuk mendukung upaya Marcos mengembangkan industri hilir mineral di negara tersebut di tengah meningkatnya permintaan baterai dan sistem penyimpanan energi, AS mendukung hibah kepada Eramen Minerals Inc untuk mengembangkan pabrik pengolahan bijih menjadi nikel dan kobalt.

United Parcel Service Inc akan memperluas operasinya di Clark, dengan pembangunan hub baru diharapkan dimulai pada Februari 2025 dan beroperasi pada akhir 2026, menurut lembar fakta.

Filipina, dalam pernyataan terpisah, mengatakan pihaknya menyambut baik “investasi strategis” oleh Ultra Safe Nuclear Corp dalam mengembangkan reaktor mikro modular untuk negara tersebut.

AS juga merencanakan proyek-proyek di pangkalan-pangkalan Filipina yang dapat diakses oleh militer AS berdasarkan Perjanjian Peningkatan Kerja Sama Pertahanan 2014 yang diperluas tahun lalu untuk mencakup empat lokasi lagi termasuk wilayah dekat Taiwan.

Permintaan anggaran Biden untuk Tahun Fiskal 2025 mencakup tambahan US$128 juta untuk proyek infrastruktur, menurut lembar fakta.

Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat juga akan meluncurkan inisiatif bantuan kemanusiaan pada tahun depan di salah satu lokasi tanggap bencana sipil di Filipina pada saat krisis.

Gedung Putih juga menyebutkan peningkatan kerja sama antara AS dan Filipina di Laut Cina Selatan hingga “tingkat bersejarah,” termasuk latihan militer hari Minggu lalu dengan Jepang dan Australia di jalur perairan yang diklaim Beijing.

(bbn)

No more pages