Logo Bloomberg Technoz

Flexing PNS dan IPK Anjlok, Pakar Soroti Korupsi di Mana-mana

Ezra Sihite
24 March 2023 09:10

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Fenomena memamerkan kekayaan dan barang-barang mewah atau flexing yang ditunjukkan pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota keluarganya belakangan mengemuka. Warganet di media sosial yang menjadi saluran flexing memviralkan hal tersebut. Sejumlah PNS maupun pejabat PNS yang anggota keluarganya flexing dan menjadi viral lewat media sosial antara lain:

1. Esha Rahmansah Abrar

Kasubag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Esha Rahmansah Abrar yang istrinya memamerkan perhiasan, tas mewah hingga mobil mewah lewat media sosial. Esha belakangan telah dinonaktifkan sementara oleh Setneg

2. SF Hariyanto 

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto yang disorot luas lantaran istrinya memamerkan barang-barang mewah lewat media sosial Instagram

3. Sudarman Harjasaputra 

Kepala BPN Jakarta Timur Sudarman Harjasaputra menjadi buah bibir lantaran istrinya memamerkan sejumlah pakaian dengan tas merek papan atas Hermes yang diperkirakan ratusan juta rupiah. 

4. Eko Darmanto

Kementerian Keuangan mencopot Eko dari lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai gara-gara bergaya hidup mewah dan tidak melaporkan harta kekayaan. Eko sedianya merupakan Kepala Kantor Bea dan Cukai Yogyakarta dan Kemenkeu mencopotnya dari jabatan itu.

5. Andhi Pramono