Logo Bloomberg Technoz

PNS Disanksi karena Flexing, Pakar: Mau Jadi Kaya Jangan di ASN

Ezra Sihite
21 March 2023 19:57

Ilustrasi toko barang mewah LV di Paris (Bloomberg/Benjamin Girette)
Ilustrasi toko barang mewah LV di Paris (Bloomberg/Benjamin Girette)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gaya hidup mewah pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota keluarganya yang ditampilkan lewat media sosial menjadi sororan. Yang terbaru, terkait dengan Kasubag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Esha Rahmansah Abrar.

Esha menjadi sorotan lantaran istrinya memamerkan gaya hidup mewah. Sang istri antara lain melalui akun media sosial Instagram menunjukkan tas mewah, perhiasan hingga mobil mewah. Padahal jika merujuk pada golongan karier PNS sebagai golongan C di Setneg maka gaji Esha berkisar tak lebih dari Rp 10 juta namun angka itu di luar tunjangan.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yakni Faldo Maldini membenarkan soal penonaktifan sementara Esha.

Dalam surat yang dikeluarkan pada 19 Maret 2023 oleh Karo Humas Kemensetneg atas nama Eddy Cahyono disebutkan bahwa kementerian tersebut telah membentuk tim verifikasi internal untuk menyelidiki harta kekayaan Esha Rahmansah Abrar dan ASN lainnya di lingkungan Setneg.

Isi surat tersebut sebagaimana tertulis di bawah ini.