Logo Bloomberg Technoz

Rencana Hamiyeh tersebut muncul pada saat yang penuh tantangan bagi kepemilikan Temasek di aset-aset Eropa. Nilai investasi di Standard Chartered Plc dan platform pembayaran Belanda Adyen NV turun dari puncaknya, sementara saham Bayer AG anjlok 51% pada tahun yang berakhir pada bulan Maret karena perusahaan layanan kesehatan dan pertanian tersebut menghadapi tuntutan hukum atas merek pembasmi gulma Monsanto.

Hamiyeh mengatakan Temasek tidak akan bisa sendirian memperbaiki masalah di beberapa investasinya di Eropa. Sebaliknya, mereka mengadakan dialog konstruktif dan memberikan ide bersama investor lain.

“Apakah kita akan menjadi aktivis investor? Sama sekali tidak – itu tidak ada dalam DNA kami,” katanya. “Gaya kami, terutama di luar Singapura, adalah melakukan banyak hal di belakang layar.”

Temasek mengelola dana senilai S$382 miliar atau setara Rp4.508,31 triliun per Maret 2023. Wilayah EMEA sekitarnya mewakili 12% dari total aset kelolaan.

Komposisi portfolio Temasek di berbagai kawasan di belahan dunia

Setelah naik pangkat sebagai investor milik negara menjadi salah satu eksekutif paling senior, Hamiyeh sebelumnya mengepalai kelompok pengembangan portofolio sebagai pemecah masalah yang membantu mendorong konsolidasi beberapa anak perusahaan Temasek dalam negeri. Ia kini berencana untuk berbasis di Paris setelah tinggal di Singapura selama 28 tahun, dan juga akan memimpin investasi perusahaan yang terkait dengan energi.

Peralihan ke Eropa terjadi pada saat yang kritis bagi Temasek, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-50 tahun ini. Keuntungannya merupakan sumber pendapatan utama bagi anggaran nasional pemerintah dan pemilu akan diadakan pada awal tahun ini.

Aset di China, yang telah lama menjadi sumber pertumbuhan Temasek dan menyumbang 22% dari total dana kelolaan pada Maret 2023, mengalami penurunan dari sisi penambahan investasi dan valuasi. Meskipun 21% portofolionya berada di Amerika, dimana reli saham telah membantu meningkatkan banyak dana negara, lebih dari separuh total kepemilikannya kini berada dalam aset yang tidak terdaftar.

Bagi Hamiyeh, peningkatan kesepakatan di Eropa diperlukan agar Temasek lebih tangguh di era ketegangan geopolitik, suku bunga tinggi, dan inflasi. Kawasan ini menggabungkan konglomerat besar dengan arus kas yang kuat dan keunggulan kompetitif dengan basis konsumen domestik yang besar untuk memberikan perlindungan terhadap gejolak di wilayah lain.

“Tempat terbaik untuk melakukan transaksi adalah beberapa ratus juta euro karena dengan cara ini kami melakukan lebih sedikit transaksi dan kami terlibat dalam manajemen portofolio yang jauh lebih aktif,” katanya, seraya menambahkan bahwa kantor di Paris pada awalnya akan memiliki sekitar 12 staf. “Portofolio kami dalam hal investasi baru akan sepenuhnya fokus pada perusahaan-perusahaan dengan arus kas dan kekuatan harga yang sangat kuat.”

Ikatan Keluarga
Temasek akan mencoba menggabungkan akarnya di Asia dan investasi jangka panjang dengan perusahaan global Eropa dan bisnis keluarga saat mereka berekspansi ke pasar yang lebih luas. Hamiyeh menyebut Chief Executive Officer Exor NV John Elkann, pendiri LVMH Bernard Arnault, Francois Pinault dari pemilik Gucci Kering SA, dan CEO Moncler Spa Remo Ruffini sebagai orang-orang yang memiliki hubungan baik dengan perusahaan tersebut.

“Kami menghargai datang bersama keluarga karena proposisi nilai kami sedemikian rupa sehingga mereka mungkin lebih memilih untuk bekerja dengan kami daripada dana ekuitas swasta yang memiliki masalah jatuh tempo di mana dalam lima tahun mereka akan keluar dari neraka,” kata Hamiyeh.

“Kami jauh lebih fleksibel dan dapat masuk sebagai ekuitas langsung atau sebagai modal.”

Dia mengatakan Temasek akan tertarik untuk berinvestasi di bidang energi baru, energi terbarukan dan dekarbonisasi, serta kesehatan konsumen, kemewahan, teknologi, robotika, dan “masa depan dunia kerja.”

Meskipun Temasek berada pada tahap awal untuk “menemukan kembali” apakah mereka dapat memainkan peran dalam booming pasar Timur Tengah, pemimpin EMEA mengatakan penerapannya akan lambat dan jauh lebih kecil dibandingkan dengan peluang di Eropa. Sebaliknya, ia mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan portofolionya kemungkinan besar akan menjelajah lebih jauh ke kawasan ini.

(bbn)

No more pages