Logo Bloomberg Technoz

Temasek Mau Ekspansi ke Eropa, Siapkan Investasi Senilai Rp285 T

News
11 April 2024 12:10

Temasek. (Dok: Bloomberg)
Temasek. (Dok: Bloomberg)

David Ramli, Nayla Razzouk dan Francois de Beaupuy - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan investasi milik Pemerintah Singapura, Temasek Holdings Pte, berencana untuk meningkatkan investasi di Eropa, meski situasi ekonomi di benua biru tersebut sedang mengalami kemunduran. Situasi ini dinilai menjadi peluang signifikan bagi Temasek untuk berinvestasi. 

Temasek berencana akan mengelontorkan nilai investasi bersih sebanyak S$25 miliar (US$18 miliar) atau setara dengan Rp285,30 triliun di seluruh Eropa selama lima tahun ke depan, kata Nagi Hamiyeh, Kepala Investasi Temasek untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika. Ia sedang mencari kemitraan dengan perusahaan-perusahaan termasuk yang terkait dengan beberapa keluarga bisnis terkaya di dunia.

“Eropa berada dalam kondisi yang lebih baik dibandingkan satu atau dua tahun lalu,” kata Hamiyeh dalam sebuah wawancara sebelum pembukaan kantor Temasek di Paris. “Saya mengajukan diri untuk datang ke Eropa karena saya melihat banyak potensi untuk kami bermain.”

Peningkatan investasi yang ditargetkan, yang dapat bervariasi tergantung pada peluang dan situasi eksternal, akan menaikkan nilai investasi di aset Eropa yang selama ini sudah dipegang Temasek, yang tercatat sudah memiliki eksposur sebesar €32 miliar (US$34 miliar) atau setara Rp538,84 triliun di wilayah tersebut pada Maret 2023, katanya.