Logo Bloomberg Technoz

Ke depannya, kata Nadiem, ada tiga poin utama yang menjadi bahan evaluasi. Pertama yakni keamanan, kedua transparansi harus ditingkatkan di setiap level dan kemitraan, dan ketiga yaitu jangan sampai respons atas kejadian kali ini justru mempersulit mahasiswa dan universitas yang telah benar-benar menerima benefit dari program magang tersebut.

"Program magang akan terus kita besarkan tapi tentunya dengan standar, kualitas, dan monitoring yang lebih baik dan akan terus kami perbaiki ke depannya," tutur Nadiem.

Pihak kepolisian telah menetapkan lima orang sebagai tersangka dalam kasus TPPO dengan modus mengirim mahasiswa magang ke Jerman melalui program ferienjob.

Total sebanyak 1.047 mahasiswa berasal dari 33 universitas di Indonesia yang diberangkatkan ke Jerman untuk mengikuti program magang. Namun mereka justru dipekerjakan sebagai buruh kasar seperti kuli atau tukang angkat barang.

Ribuan mahasiswa tersebut dipekerjakan non prosedural, sehingga terjadi tindak eksploitasi. Para mahasiswa ini pun telah dipulangkan ke Indonesia pada Desember 2023.

(mfd/frg)

No more pages