Logo Bloomberg Technoz

"CAR yang tinggi ini adalah buffer kita. Ini tentunya didukung oleh kebijakan yang pruden. Modal inti bank terus dipastikan dijaga," ungkapnya.

Tren rasio kecukupan modal perbankan Indonesia 2019-2023 (Bloomberg)

Selain itu, secara makroekonomi, Suahasil mengatakan pertumbuhan ekonomi nasional juga menggembirakan. Sepanjang tahun lalu, ekonomi nasional tumbuh lebih dari 5% secara year on year (yoy) setiap triwulannya.

"Kalau di tingkat makro Indonesia, pemulihan ekonomi 2022 sangat kuat. Ini bagian dari kokohnya kita, bagian kita memastikan kita berdiri kokoh," tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Firman Mochtar menyebut bank sentral telah melakukan uji ketahanan (stress test) perbankan Indonesia untuk memitigasi dampak dari guncangan perbankan global yang dipicu keruntuhan tiga bank di AS.

Stress test ini dilakukan untuk menentukan batas kritis di dalam suatu kondisi kritis, dalam hal ini terjadi pada sistem/industri keuangan. Dia mengatakan stress test dilakukan terhadap perbankan nasional dengan melihat berbagai indikator.

"Stress test kita tarik seberapa kuat, misalnya dari sisi portofolio, seperti apa liability asset, dan berbagai indikator lainnya. Gambarannya secara umum memang baik," tuturnya pada saat diskusi perkembangam ekonomi terkini di Yogyakarta, Sabtu (18/3/2023).

Firman menambahkan BI juga memitigasi respons berlebihan yang muncul di pasar, seperti terus memonitor tingkat kekhawatiran deposan atas penempatan dana mereka di perbankan. Sementara itu, dari sisi kebijakan moneter, BI melakukan mitigasi dengan stabilisasi pasar valas dan pasar keuangan.

(rez/wdh)

No more pages