Logo Bloomberg Technoz

Tiket Mudik Gratis Marak Dijual di Medsos, Ini Respons Kemenhub

Pramesti Regita Cindy
02 April 2024 10:30

Peserta program mudik gratis tiba diPelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Dok. BKIP Kemenhub)
Peserta program mudik gratis tiba diPelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Dok. BKIP Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara perihal fenomena peredaran tiket mudik gratis moda bus yang diperjualbelikan di media sosial.

"Kemenhub sangat menyayangkan kejadian ini. Perlu diingat bahwa mudik gratis ini bertujuan untuk memberikan kesempatan masyarakat melakukan perjalanan yang lebih aman, selamat dan tentunya terjangkau," kata Juru Bicara Adita Irawati ketika dihubungi Bloomberg Technoz, Senin (1/4/2024).

Untuk itu, kata Adita tindakan jual-beli tiket ini dapat mengambil kesempatan orang lain yang sebenarnya membutuhkan akses pulang ke kampung halaman secara gratis menggunakan angkutan umum. 

Sehingga, ia mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membeli tiket gratis tersebut, dan menyerukan agar pemudik tidak terjerat dalam transaksi tiket ilegal.

"Jika ada pembelian untuk dijual kembali, berarti mengambil kesempatan orang lain yang benar-benar membutuhkan. Kemenhub meminta masyarakat untuk tidak melakukan penjualan seperti ini dan sebaliknya juga masyarakat jangan membeli dari calo karena akan menyulitkan diri sendiri," jelasnya.