Logo Bloomberg Technoz

Yusril Respons Ucapan Mahfud MD Gugat Hasil Pemilu Demi Demokrasi

Mis Fransiska Dewi
29 March 2024 07:30

Prabowo Subianto bertemu Yusril Ihza Mahendra di Jakarta (Tim Prabowo Subianto)
Prabowo Subianto bertemu Yusril Ihza Mahendra di Jakarta (Tim Prabowo Subianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kuasa Hukum paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Yusril Ihza Mahendra, singgung kutipan cawapres nomor urut 03, Mahfud MD, bahwa perjuangan yang tengah ia tempuh demi demokrasi Indonesia selama ratusan tahun kedepan.

“Hal ini menunjukan bahwasanya pemohon [paslon 03] a quo disusun sebatas narasi dan buah pemikiran pemohon,” kata Yusril di sidang PHPU Mahkamah Konstitusi, Kamis (28/3/2024).

Sebelumnya, mantan Menkopolhukam tersebut pada 21 Maret 2024 lalu,  mengatakan: “Oleh sebab itu apa yang kami lakukan ke MK bukan mencari menang tapi beyond election, maka masa depan bukan sekedar pemilu hari ini, tapi masa depan ratusan tahun yang akan datang, demokrasi kita harus sehat.”

Selanjutnya, Yusril  menyinggung sebuah ungkapan dari Mahfud pada tahun 2014 lalu mengenai Mahaguru atau Mahkamah Kalkulator.

Yusril mengatakan hal tersebut sangat tidak relevan bahwa Mahfud MD yang mengutip MK adalah Mahkamah Kalkulator. Menurutnya saat ini, MK memang berperan memeriksa pelaksanaan pemilu secara substantif sejak dari proses pelaksanaannya.