Logo Bloomberg Technoz

Minyak Tergelincir karena Meningkatnya Stok AS Lemahkan Pasokan

News
28 March 2024 06:30

Pompa minyak Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) di Danau Maracaibo di Cabimas, negara bagian Zulia, Venezuela./Bloomberg-Gaby Oraa
Pompa minyak Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) di Danau Maracaibo di Cabimas, negara bagian Zulia, Venezuela./Bloomberg-Gaby Oraa

Josyana Joshua - Bloomberg News

Bloomberg, Minyak kehilangan lebih banyak keuntungan yang diperolehnya pada awal pekan ini karena persediaan minyak mentah dan bensin AS meningkat, sehingga mengurangi ekspektasi pengetatan pasokan.

West Texas Intermediate turun 0,3%, penurunan hari kedua berturut-turut, setelah laporan pemerintah AS menunjukkan stok minyak naik 3,17 juta barel pekan lalu. Namun, kenaikan tersebut hanya sepertiga dari kenaikan 9,3 juta barel yang diproyeksikan oleh American Petroleum Institute yang didanai oleh industri pada Selasa.

Minyak (Dok: Bloomberg)

Minyak mentah telah menguat tahun ini karena serangan pesawat tak berawak Ukraina terhadap infrastruktur minyak Rusia dan perpanjangan pengurangan pasokan oleh OPEC dan sekutunya. Sementara itu, prospek ekonomi yang menantang di China dan pertumbuhan suplai non-OPEC yang kuat masih menjadi penghalang.

Bensin berjangka, yang pada minggu-minggu sebelumnya berperan dalam nada bullish minyak mentah, diperdagangkan pada level terendah dalam hampir dua minggu. Stok bahan bakar AS naik 1,3 juta barel minggu lalu, menurut Energy Information Administration, sebuah pembalikan dari penurunan 4,4 juta barel yang diproyeksikan oleh API. Permintaan mingguan tersirat berada di bawah 9 juta barel per hari selama dua minggu berturut-turut, menambah sentimen bearish.