Logo Bloomberg Technoz

6 Orang Diduga Tewas Usai Jembatan Baltimore Runtuh

News
27 March 2024 11:30

Ambruknya Jembatan Baltimore. (Sumber: Bloomberg)
Ambruknya Jembatan Baltimore. (Sumber: Bloomberg)

Nacha Cattan, Heather Perlberg, dan Brendan Murray - Bloomberg News

Bloomberg, Jembatan sepanjang 1,6 mil runtuh dalam hitungan detik. Konsekuensi bencana ini akan berlangsung selama berminggu-minggu.

Sebanyak 2,5 juta ton batu bara, ratusan mobil buatan Ford Motor Co, dan General Motors Co, serta kayu dan gipsum terancam terganggu setelah kapal kontainer Dali menabrak dan merobohkan Jembatan Francis Scott Key di Baltimore pada dini hari Selasa.

Enam orang diperkirakan tewas setelah pencarian di Sungai Patapsco, kata para pejabat pada Selasa malam. Jumlah korban bisa saja lebih buruk jika tidak ada panggilan darurat dari kapal berbendera Singapura itu karena kehilangan daya.

Setelah runtuhnya jembatan ini, kita kembali menyoroti rapuhnya rantai pasokan global yang telah tegang akibat kekeringan di Panama dan serangan rudal terhadap pelayaran di Laut Merah oleh militan Houthi yang berbasis di Yaman. Dermaga di New Jersey dan Virginia menghadapi ancaman kewalahan oleh lalu lintas yang dipaksa menjauh dari Baltimore, salah satu pelabuhan tersibuk di Pantai Timur AS.