Logo Bloomberg Technoz

Sumber Dana Proyek PIK 2 yang Direstui Jokowi Masuk PSN

Azura Yumna Ramadani Purnama
26 March 2024 16:40

Truk proyek melintas dipembangunan kawasan PIK 2, Tangerang, Rabu, (2/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Truk proyek melintas dipembangunan kawasan PIK 2, Tangerang, Rabu, (2/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Proyek Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 masuk ke dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah direstui Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2024.

PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) mengungkapkan perusahaan menargetkan akan menghimpun dana investasi senilai Rp40 triliun dan akan memulai pembangunan pada tahun ini. Proyek ditargetkan akan selesai pada tahun 2060.

“Dalam perencanaan total investasi (Rp40 triliun) tersebut akan difasilitasi pihak swasta dan tidak ditargetkan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)/Anggaran Pendapatan Daerah (APBD),” tulis Sekretaris Perusahaan PANI Christy Grassela pada keterbukaan informasi BEI, dikutip Selasa (26/3/2024).

Christy menjelaskan, PIK 2 merupakan lanjutan usaha patungan Agung Sedayu Group (ASG) dan Salim Group (SG) setelah sebelumnya mengembangkan kawasan PIK 1 dan pulau reklamasi Golf Island dan Ebony dengan luas pengembangan sekitar 1.600 hektar.

Ia mengatakan, saat ini PIK 2 merencanakan pengembangan baru di pesisir pantai Tangerang Utara dengan total cakupan lahan sekitar 1.755 hektar.