Logo Bloomberg Technoz

Ini Alasan Pemerintah Pilih Proyek BSD dan PIK Jadi PSN Baru

Redaksi
25 March 2024 10:23

Motor melintas dengan latar apartemen di kawasan PIK 2, Tangerang, Rabu, (2/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Motor melintas dengan latar apartemen di kawasan PIK 2, Tangerang, Rabu, (2/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para Menteri Kabinet menyetujui 14 usulan proyek strategis nasional (PSN) baru pada 2024. Hal ini disepakati dalam Rapat Internal di Istana Negara, Senin (18/3/2024) lalu. 

Juru Bicara Kementerian Koordinator Perekonomian Haryo Limanseto menyebutkan 14 PSN baru tersebut mencakup pengembangan di berbagai sektor, yang terdiri dari 8 Kawasan Industri, 2 Kawasan Pariwisata, 2 Jalan Tol, 1 Kawasan Pendidikan, Riset dan Teknologi, Kesehatan, serta 1 Proyek Migas Lepas Pantai.

Salah satu PSN baru yang tengah menjadi perbincangan khalayak adalah proyek Green Area dan Eco-City di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 yang dikembangkan oleh Agung Sedayu Group milik Sugianto Kusuma atau Aguan. Selain itu, terdapat pula proyek Kawasan Terpadu Bumi Serpong Damai (BSD) yang dikembangkan oleh Grup Sinar Mas.

Proyek Green Area dan Eco-City PIK 2

Pengembangan wilayah berbasis hijau dengan luas lebih kurang 1.756 Ha bernama 'Tropical Coastland' ini ditujukan sebagai destinasi pariwisata baru yang berbasis hijau.