Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Beberkan Mekanisme Pilih 14 Proyek Jadi PSN Baru

Redaksi
25 March 2024 09:17

Ilustrasi properti Bumi Serpong Damai (Dok BSD CIty)
Ilustrasi properti Bumi Serpong Damai (Dok BSD CIty)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para Menteri Kabinet menyetujui 14 usulan proyek strategis nasional (PSN) baru pada 2024. Hal ini disepakati dalam Rapat Internal di Istana Negara, Senin (18/3/2024) lalu. 

Pengembangan 14 PSN baru tersebut dilakukan di sejumlah daerah yakni, di Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Mencakup pengembangan di berbagai sektor, 14 PSN baru tersebut terdiri dari 8 Kawasan Industri, 2 Kawasan Pariwisata, 2 Jalan Tol, 1 Kawasan Pendidikan, Riset dan Teknologi, Kesehatan, serta 1 Proyek Migas Lepas Pantai.

Juru Bicara Kementerian Koordinator Perekonomian Haryo Limanseto menjelaskan seluruh PSN baru yang disetujui bertujuan untuk mendukung kebijakan percepatan hilirisasi, mendukung konektivitas, mendukung pengembangan, serta pemerataan ekonomi nasional dan daerah. Selain itu, menciptakan lapangan kerja, dan mendapatkan dukungan kementerian sektor.

"Setiap pengajuan usulan PSN harus didukung dengan Surat Komitmen Menteri/Kepala Lembaga, Rencana Pendanaan, Hasil Kajian, dan Rencana Aksi," ujar Haryo dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (25/3/2024).

Selanjutnya, menurut dia, akan dilakukan evaluasi dengan sejumlah kriteria dasar, kriteria strategis, maupun kriteria operasional.