Logo Bloomberg Technoz

Harga Beras, Minyak Goreng, & Daging Naik, KPPU Awasi Stok

Tara Marchelin
20 March 2023 19:45

Penjual memotong daging sapi di pasar Senen, Jakarta Kamis (16/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Penjual memotong daging sapi di pasar Senen, Jakarta Kamis (16/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencatat tiga komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga secara signifikan menjelang Ramadhan, yaitu beras, minyak goreng rakyat atau curah, serta daging sapi atau kerbau. 

“Ada tiga komoditas pokok yang kami perhatikan karena menjelang bulan puasa biasanya mengalami kenaikan signifikan. Berdasarkan pergerakan harga dan temuan Kantor Wilayah (Kanwil), ketiga produk ini mulai menunjukkan kenaikan yaitu beras, minyak goreng rakyat atau curah, daging sapi atau kerbau. Ketiga komoditas ini masih kami lakukan pengawasan,” kata  Direktur Ekonomi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Mulyawan Ranamanggala, secara virtual pada Senin (20/3/2023). 

Untuk beras, Mulyawan mengatakan terjadi kenaikan harga di Pasar Induk Beras Cipinang dari Rp 11.700 pada awal Januari 2023 menjadi Rp 12.468 per 12 Maret 2023. Sementara itu, KPPU mencatat stok beras juga belum aman.

Pada awal Januari 2023, kata Mulyawan, stok beras mencapai 25 ribu ton, sementara saat ini hanya sebesar 19 ribu ton. “Memang kelihatannya ada gangguan stok yang masih dalam penelitian kami,” tambahnya. 

Sementara itu, dalam paparan Mulyawan, kebutuhan beras diperkirakan meningkat bulan Ramadan dan Idul Fitri atau pada bulan Maret dan April 2023, masing-masing sebesar 2,6 juta ton. Mulyawan berharap dengan adanya panen raya dapat memberikan surplus pasokan beras sebesar 2,6 juta ton pada Maret dan 800 ribu ton pada April.