Logo Bloomberg Technoz

Saham Konsumer dan Ritel Jadi Pilihan Investasi Saat Ramadan

Muhammad Julian Fadli
14 March 2023 13:03

Berbelanja Ritel (Iya Forbes/Bloomberg)
Berbelanja Ritel (Iya Forbes/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah sektor saham akan mendapatkan sentimen positif dengan hadirnya Bulan Ramadan dan lebaran Idul Fitri 2023. Apalagi pada momen tersebut konsumsi dari masyarakat akan cenderung meningkat.

Berdasarkan data historis, sektor saham konsumer dan ritel menjadi pilihan investor dalam memanfaatkan momentum terapresiasinya angka daya beli ini.

Saham sektor konsumer akan diuntungkan selama Bulan Ramadan lantaran  masyarakat relatif akan menambah jumlah stok makanan lebih banyak. Hal ini terjadi efek hadirnya momen berbuka puasa bersama dan juga perayaan lebaran atau Idul Fitri, yang akan sangat diperlukan.

Berdasarkan hasil survei Bank Indonesia (BI) Indeks Penjualan Eceran yang dirilis, sektor makanan, minuman, dan tembakau, serta sandang, mencatatkan pertumbuhan yang positif di kuartal II setiap tahunnya, dibanding sektor-sektor lainnya.

Hal ini tidak terlepas dari budaya masyarakat dalam menyambut Bulan Ramadan. Terjadi peningkatan konsumsi rumah tangga serta pembelian pakaian baru menjelang hari raya.