Logo Bloomberg Technoz

Sederet Saham Pilihan Analis Jelang Ramadan

Tara Marchelin
15 March 2023 09:03

Karyawan dengan latar layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan dengan latar layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saham-saham sektor telekomunikasi dan keuangan dinilai akan memiliki kinerja positif selama bulan Ramadan, yang dipicu sentimen peningkatan konsumsi dan mobilitas masyarakat seiring aktivitas yang kembali normal. 

"Menjelang Ramadan tahun ini terjadi normalisasi dari pandemi Covid-19. Konsumsi masyarakat diproyeksikan akan meningkat seiring dengan mobilitas masyarakat yang meningkat," ungkap Cindy Alicia, Analis NH Korindo Sekuritas Indonesia, saat dihubungi Bloomberg Technoz, Selasa (14/3/2023).

Faktor lainnya, menurut Cindy, datang dari adanya kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan bantuan sosial dari pemerintah  yang diharapkan mampu membuat daya beli konsumen kembali optimal, apalagi, secara historis konsumsi masyarakat akan meningkat jelang lebaran.

"Untuk sektor telekomunikasi sendiri, biasanya di saat Ramadan masyarakat lebih sering menggunakan  media sosial untuk berkomunikasi atau bermain-main saat menunggu buka puasa ataupun sahur," jelasnya. 

Sementara pada sektor keuangan, menurut Cindy, transaksi keuangan di bulan Ramadan biasanya  cukup tinggi, terlebih dengan adanya tunjangan hari raya (THR).