Logo Bloomberg Technoz

Luhut Pastikan Utang Migor Rp474 M ke Pedagang Segera Dilunasi

Redaksi
25 March 2024 15:10

Ilustrasi penjualan minyak goreng. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi penjualan minyak goreng. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berjanji akan segera melunasi utang rafaksi minyak goreng kepada pengusaha dengan nilai sekitar Rp474 miliar.

“Kita harus menuntaskan rafaksi minyak goreng ini. Ini sudah diaudit sama BPKP [Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan] dan tidak ada isu sepertinya. Kita harus segera menyelesaikan ini, sehingga pedagang tidak mengalami kerugian,” kata Luhut dalam Rapat Koordinasi Pembayaran Rafaksi Minyak Goreng, Senin (25/3/2024), dikutip melalui pernyataan resmi kementerian.

Terkait dengan pencairan utang rafaksi, Luhut menjelaskan keterlambatan pembayaran lebih jauh akan memengaruhi nasib pedagang —baik tradisional maupun ritel modern — sehingga isu ini harus cepat dituntaskan.

“Kita semua pejabat pemerintah ini harus mengingat pedagang, kalau begini kan kasihan pedagang itu. Ini kan harusnya jadi modal dia, jadinya berhenti berputar. Itu kan juga punya dampak yang lumayan. Kita harus pahami itu, mereka kan juga modalnya terbatas.”

Luhut Binsar Pandjaitan ditemui di kantor Kemenko Marves, Rabu (7/2/2024)./Bloomberg Technoz-Sultan Ibnu Affan


Luhut pun memastikan sudah meminta konfirmasi Kejaksaan Agung terkait dengan aspek hukum kewajiban pembayaran utang pemerintah tersebut.