Logo Bloomberg Technoz

Erick Beberkan Rencana IPO dan Spinoff Palm Co pada Kuartal IV

Rezha Hadyan
20 March 2023 15:09

Menteri BUMN Erick Thohir. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengonfirmasi subholding PTPN III di lini perkebunan kelapa sawit, Palm Co, akan melakukan penawaran publik perdana atau initial public offering (IPO) pada kuartal IV-2023.

“Kami sekarang sedang proses penyusunan peraturan pemerintah [PP] untuk pembentukan Palm Co.  Lalu, diharapkan pada kuartal empat tahun ini bisa melakukan aksi korporasi ini,” ujarnya saat rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Senin (20/3/2023).

PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) sebelumnya menyatakan Palm Co—yang dikelola PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV)—membidik dana senilai Rp 8 triliun melalui penawaraan saham perdana tersebut. 

Mengutip publikasi Pengumuman Ringkasan Rancangan Pemisahan PTPN III dan PTPN IV yang diterbitkan holding BUMN perkebunan tersebut di media massa pada Senin, (20/3/2023), perusahaan berencana melakukan pemisahan atau spinoff tidak murni atas sebagian bisnis kelapa sawit dan karetnya kepada PTPN IV. Hal itu akan mengakibatkan peralihan sebagian aktiva dan pasiva milik perseroan. 

"Pemisahan dilakukan dalam rangka menjadikan PTPN IV sebagai perusahaan produsen minyak kelapa sawit berkelanjutan terbesar di dunia, yang turut memastikan penghidupan bagi masyarakat dan menciptakan nilai bagi pemegang saham," papar perusahaan dalam pengumuman terbuka tersebut.