Logo Bloomberg Technoz

Secara Teknikal Ada Potensi IHSG Bakal Menguat Hari Ini

Muhammad Julian Fadli
20 March 2023 08:38

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini Senin 20 Maret 2023 berpotensi melanjutkan tren penguatan dalam jangka pendeknya. Pada perdagangan Jumat pekan kemarin IHSG naik 1,7%, dengan menutup perdagangan pada level 6.678.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Senin 20 Maret 2023 (Bloomberg)

Secara teknikal IHSG berpotensi menguat, dengan menuju area resistance pada trendline garis putih pada area level 6.744. Dengan terkonfirmasi memiliki support kuat IHSG pada level 6.550. Untuk resistance selanjutnya ada MA-50 yang jadi target, pada level 6.807.

Sentimen positif utamanya datang dari global. Terkini, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen dan Gubernur The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell menuturkan mereka menyambut baik kesepakatan Credit Suisse yang diumumkan pada Minggu dan mengkonfirmasi bahwa modal dan likuiditas bank-bank AS kuat. Di mana, UBS Group AG telah setuju untuk membeli Credit Suisse Group AG dalam kesepakatan yang ditengahi pemerintah. 

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memaparkan, IHSG pada perdagangan sebelumnya ditutup menguat disertai dengan volume pembelian yang besar.

“IHSG berada pada uptrend jangka pendeknya untuk menguji rentang 6.690 - 6.731,” jelas Herditya dalam riset harian yang diterbitkannya Senin (20/3/2023).