Logo Bloomberg Technoz

Earth Hour Pada 23 Maret, Jangan Lupa Matikan Lampu

Dinda Decembria
19 March 2024 17:20

Pedagang menjual buah di bawah lampu baterai akibat pemadaman listrik di Lahore, Pakistan, Senin (23/1/2023). (Betsy Joles/Bloomberg)
Pedagang menjual buah di bawah lampu baterai akibat pemadaman listrik di Lahore, Pakistan, Senin (23/1/2023). (Betsy Joles/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Earth Hour akan berlangsung pada tanggal 23 Maret di seluruh dunia mulai pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB setempat. Momen ini dikenal orang dengan sebutan "lights off" (mati lampu). 

Earth Hour yang diinisiasi oleh WWF (World Wide Fund Nature) kembali dilakukan untuk ke18 kalinya dengan tema ‘Momen Terbesar untuk Bumi’ guna mendukung dan merayakan pentingnya planet bumi. 

Sejak pertama kali dilakukan pada tahun 2009 di Indonesia, Earth Hour biasanya dilakukan tak hanya di rumah tapi pada Ikon-ikon kota, para pendukung Earth Hour di seluruh dunia juga.

Secara simbolis mematikan alat elektronik yang tidak digunakan dan memberikan ‘Satu Jam untuk Bumi’, dengan memanfaatkan 60 menit untuk melakukan sesuatu apapun yang positif bagi planet bumi. 

Pada tahun 2023, lebih dari 410.000 jam telah diberikan kepada planet bumi oleh para pendukung di 190 negara dan wilayah, yang mewakili 90% penduduk bumi, menjadikannya momen terbesar bagi Bumi. Untuk Indonesia, karena bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan, maka hanya beberapa ikon kota yang ikut serta dimatikan.