Logo Bloomberg Technoz

Produsen Pesawat Terbesar, Siapa Pemilik Perusahaan Boeing? 

Redaksi
19 March 2024 15:50

Pesawat Boeing Co. 737-800 Oman Air berada di Bandara Internasional Muscat di Muscat, Oman, Senin (7/5/2018). (Christopher Pike/Bloomberg)
Pesawat Boeing Co. 737-800 Oman Air berada di Bandara Internasional Muscat di Muscat, Oman, Senin (7/5/2018). (Christopher Pike/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Boeing Co, atau yang lebih dikenal dengan nama perusahaan Boeing, telah menjadi salah satu raksasa dalam industri penerbangan komersial global.

Dibangun dengan prestasi yang luar biasa, perusahaan multinasional ini memainkan peran penting dalam merancang, memproduksi, dan menjual pesawat terbang, pesawat rotor, roket, bahkan satelit.

Sejak pendiriannya, Boeing telah menempati posisi sebagai salah satu produsen pesawat terbesar di dunia dan merupakan kontraktor pertahanan terkemuka.

Siapa Pemilik Perusahaan Boeing?

Perusahaan Boeing didirikan pada tanggal 15 Juli 1916 oleh seorang visioner bernama William Edward Boeing. Dilahirkan pada 1 Oktober 1881 di Detroit, Amerika Serikat, Boeing berasal dari keturunan Australia dan Jerman yang berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1858. Meskipun mengalami kehilangan ayahnya pada usia delapan tahun akibat flu yang mematikan, hal itu tidak menghalangi semangat belajarnya.

Infografis Daftar Insiden Pesawat Boeing pada 2024 (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Perjalanan William Edward Boeing

Meskipun menghadapi keterbatasan finansial, Boeing tidak pernah menyerah pada impian pendidikannya. Setelah menyelesaikan pendidikan di Vevey, Swiss, dan Boston, Amerika Serikat, dia bahkan diterima di Universitas Yale. Namun, keterbatasan ekonomi membuatnya terpaksa meninggalkan pendidikan formal dan memilih bekerja sebagai penebang kayu. Namun, keberhasilannya dalam bisnis kayu membuka jalan menuju kesuksesan yang lebih besar.