Logo Bloomberg Technoz

Asing Kembali Masuk Pasar, BI Borong SUN untuk Tahan Rupiah

Tim Riset Bloomberg Technoz
18 March 2024 07:10

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para pemodal asing mulai kembali lagi ke pasar Surat Berharga Nasional (SBN) dengan membukukan nilai net buy dalam dua hari perdagangan pekan lalu senilai Rp12,44 triliun.

Namun, posisi kepemilikan asing di SBN masih tergerus ke level terendah sejak November jadi sebesar Rp818,7 triliun per 14 Maret lalu di mana itu ekuivalen dengan nilai net sell asing sebesar Rp23,34 triliun sepanjang tahun 2024.

Sementara di pasar saham dan Sertifikat Rupiah Bank Indonesia (SRBI), asing masih membukukan net buy masing-masing sebesar Rp19,68 triliun dan Rp23,84 triliun.

Bank Indonesia melaporkan, pada dua hari transaksi di pekan pendek kemarin, 13-14 Maret, pemodal asing membukukan posisi net buy di pasar keuangan domestik senilai Rp21,72 triliun. Asing kembali ke pasar SBN dan lanjut memborong saham di bursa domestik dengan nilai net buy Rp8,91 triliun. Sedang di SRBI, nilai net buy tidak terlalu besar yaitu Rp370 miliar.

Pada perdagangan terakhir pekan lalu, pasar SBN masih tertekan tersengat sentimen bearish pasar global pasca data-data ekonomi Amerika Serikat memperkuat skenario higher for longer suku bunga The Fed.