Logo Bloomberg Technoz

Surat Utang RI Jadi Favorit Investor Asing

Tim Riset Bloomberg Technoz
04 March 2024 10:10

Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para pengelola dana global menilai surat utang terbitan Indonesia menjadi pilihan obligasi terbaik di Asia ketika kelak siklus penurunan bunga global berlangsung benar-benar dimulai. 

Beberapa fund manager kelas kakap dunia menilai, tingkat bunga acuan Indonesia saat ini terbilang cukup tinggi ketika disesuaikan dengan tingkat inflasi. Itu membuat peluang bagi Bank Indonesia untuk melonggarkan moneter melalui penurunan bunga acuan, BI rate, lebih besar begitu Federal Reserve (The Fed) memulai penurunan bunga acuan yang diperkirakan akan terjadi pada paruh kedua tahun ini.

Beberapa pengelola dana besar seperti Ashmore Group Plc dan Fidelity International menilai obligasi Indonesia terlalu menarik untuk tidak dilirik menjadi pilihan dalam portofolio investasi mereka. 

Ashmore menilai, dengan tingkat bunga acuan disesuaikan dengan inflasi (adjusted policy rate) Indonesia saat ini ada di 3,25%, menjadi yang tertinggi di Asia setelah Filipina dan Thailand, BI memiliki ruang yang memadai untuk memangkas bunga acuan demi mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Selain itu, defisit fiskal Indonesia yang sempat menyentuh level terendah dalam 12 tahun terakhir juga memberikan daya tarik lebih besar bagi surat utang terbitan pemerintah RI.