Logo Bloomberg Technoz

Disrupsi Rantai Pasokan Dorong Lonjakan Harga BBM Global

News
13 March 2024 07:24

Ilustrasi pengisian BBM di pom bensin/SPBU (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pengisian BBM di pom bensin/SPBU (Sumber: Bloomberg)

Jack Wittels, Elizabeth Low dan Josyana Joshua - Bloomberg News

Bloomberg, Gangguan pada jalur perdagangan utama dunia, penutupan kilang minyak, dan bangkitnya kembali permintaan mendorong harga bahan bakar global. 

Kenaikan pada dua bahan bakar yang paling banyak digunakan melampaui kenaikan minyak mentah di beberapa pasar terpenting dunia. Harga bensin berjangka AS melonjak tajam dalam beberapa pekan terakhir, sebagian berkat peralihan spesifikasi musim panas. Kini, bahkan naik lebih dari seperlima sepanjang tahun ini. Sementara harga solar di Eropa naik 10%.

Keuntungan kilang minyak juga berada di atas norma musiman di banyak wilayah, yang menjadi pertanda ketatnya pasokan menjelang musim perjalanan di musim panas.

Gangguan pada produksi bahan bakar - kombinasi dari pekerjaan terjadwal, pemadaman yang tidak direncanakan, dan serangan drone di fasilitas Rusia - telah menaikkan harga. Hal itu terjadi karena biaya pengiriman lebih tinggi yang disebabkan oleh serangan Houthi di Laut Merah dan kekeringan di Terusan Panama. Ditambah lagi dengan gangguan rantai pasokan yang didorong oleh sanksi Barat terhadap Kremlin.