Logo Bloomberg Technoz

Stroll sedang mencari kepala eksekutif keempat dalam beberapa tahun terakhir untuk menggantikan Amedeo Felisa yang berusia 77 tahun, mantan CEO Ferrari yang dipaksa bertugas setelah pendahulunya mengundurkan diri. Tumpukan utang Aston Martin terjadi sebelum miliarder Kanada ini menyelamatkan perusahaan tersebut empat tahun lalu. Sejak saat itu, ia telah mendatangkan pemegang saham baru, termasuk Dana Investasi Publik Arab Saudi dan Zhejiang Geely Holding Group Co.

Aston Martin mengakhiri tahun lalu dengan utang bersih sebesar 814 juta poundsterling (1 miliar dolar AS), demikian ungkap perusahaan itu dalam laporan pendapatan kuartalannya. Perusahaan ini berupaya untuk menurunkan leverage tahun ini dan tahun depan.

Produsen mobil ini tidak mengubah panduannya untuk tahun ini, dan mengatakan bahwa mereka terus menargetkan pendapatan sebesar £2 miliar dan marjin kotor sebesar 40%, dengan arus kas bebas yang menjadi positif pada paruh kedua tahun ini. Arus kas pada kuartal terakhir dipengaruhi oleh pembayaran sebesar US$33 juta kepada Lucid.

Apa yang dikatakan oleh Intelijen Bloomberg

Margin kotor 4Q Aston Martin yang kuat sebesar 45%, hasil operasi yang positif, dengan margin Ebitda mendekati 30%, dibayangi oleh sisa kas bebas sebesar £63 juta negatif, yang dapat berlanjut hingga 2H dan memberikan hambatan pada sentimen. Selain itu, meskipun Aston mengatakan bahwa mereka telah maju dalam proses refinancing £1 miliar utang dengan kupon tinggi di 1H, hal ini akan tetap menjadi overhang pada saham sampai selesai.

- Michael Dean, analis otomotif BI

Stroll mengatakan bahwa Aston Martin meningkatkan produksi mobil sport DB12 lebih lambat dari yang diharapkan, sebagian karena penundaan pasokan dan masalah pada sistem infotainment yang dikembangkan ulang. Perusahaan ini sekarang telah memproduksi DB12 secara penuh dan telah terjual habis hingga akhir kuartal ketiga. Pada akhir Maret, perusahaan berharap untuk memiliki buku pesanan penuh untuk model tersebut sepanjang sisa tahun ini.

Didukung oleh kendaraan kelas atas--hypercar Valkyrie seharga US$3 juta--Aston Martin mengalami kenaikan harga jual rata-rata sebesar 15% tahun lalu, kata Chief Financial Officer Doug Lafferty.

Laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi Aston Martin yang disesuaikan naik 58% menjadi £174,8 juta pada kuartal keempat. Untuk tahun ini, perusahaan melaporkan kerugian operasional sebesar £111 juta.

Hasil ini muncul menjelang dimulainya musim Formula One yang baru, Aston Martin menargetkan kemenangan balapan pertamanya di bawah kepemimpinan Stroll. Dia mengendalikan tim F1 secara terpisah dari perusahaan mobil yang terdaftar dan menjual saham minoritas di tim tersebut kepada perusahaan ekuitas swasta AS, Arctos Partners LP, pada November.

Aston Martin mengatakan akan menginvestasikan £350 juta untuk pengembangan produk baru tahun ini.

(bbn)

No more pages