Logo Bloomberg Technoz

Gudang Garam Garap Tol Kediri-Tulungagung, Investasi Rp9,9 T

Mis Fransiska Dewi
28 February 2024 19:55

Ilustrasi jalan tol. (Dok Hutamakarya.com)
Ilustrasi jalan tol. (Dok Hutamakarya.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Gudang Garam Tbk (GGRM) akan memulai pembangunan Jalan Tol Kediri-Tulungagung sepanjang 44,17 kilometer mulai kuartal II-2024 dengan total investasi Rp9,92 triliun.

Pembangunan jalan tol ini merupakan salah satu proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atas Prakarsa Badan Usaha (unsolicited).

Pelaksanaan proyek ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Perjanjian Regres dan Perjanjian Penjaminan Jalan Tol Kediri – Tulungagung yang disaksikan secara langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Basuki mengatakan pembangunan jalan tol Kediri – Tulungagung adalah keputusan bisnis yang sangat strategis karena akan menghubungkan Tol Trans Jawa yang telah beroperasi dengan Jalur Pantai Selatan.

Menurut Basuki, pembangunan jalan tol Kediri – Tulungagung akan memberikan dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Terlebih, jalan tol Kediri – Tulungagung ini berada di kawasan potensial agroindustri dan sumber daya laut. Selain itu, dapat mempercepat distribusi logistik sehingga berdampak positif pada produktivitas industri dan pariwisata.