Logo Bloomberg Technoz

Ini Detail Harga Acuan Baru untuk Gabah dan Beras

Wike Dita Herlinda
15 March 2023 17:37

Pengecekan beras impor dalam rangka menjamin stabilitas harga (Dok Bulog)
Pengecekan beras impor dalam rangka menjamin stabilitas harga (Dok Bulog)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Pemerintah resmi menetapkan harga pembelian pemerintah (HPP) untuk gabah dan beras dalam rangka pengamanan stok cadangan beras pemerintah (CBP), serta harga eceran tertinggi (HET) beras terbaru. 

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengumumkan HPP beras di gudang Perum Bulog (Persero) ditetapkan senilai Rp9.950/kg. Harga itu berlaku untuk beras dengan derajat sosoh 95%, kadar air 14%, butir patah maksimum 20%, dan butir menir maksimum 2%.

Sementara itu, HPP untuk gabah kering panen (GKP) di tingkat petani dipatok senilai Rp5.000/kg dan di tingkat penggilingan Rp5.100/kg. 

HPP untuk gabah kering giling (GKG) di tingkat penggilingan ditetapkan senilai Rp6.200/kg di penggiligan dan Rp6.300/kg di gudang Bulog. 

“Ini Pak Presiden [Joko Widodo] meminta untuk segera diumumkan, sedangkan perundangannya dalam proses, sehingga [ketentuan harga baru ini] bisa dapat diberlakukan segera,” ujarnya dalam konferensi pers di Istana Negara, Rabu (15/3/2023), seperti dikutip dari YouTube resmi Sekretariat Kabinet.