Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Jerman Q4 2023 Menyusut, Berpotensi ke Jurang Resesi

News
23 February 2024 16:50

Ilustrasi Jerman (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Jerman (Sumber: Bloomberg)

Alexander Weber - Bloomberg News

Bloomberg, Produksi (output) Jerman mengalami penurunan akibat kemerosotan investasi pada kuartal IV 2023. Hal ini berpotensi membawa Jerman ke jurang resesi pertama sejak pandemi.

Menurut kantor statistik Jerman pada hari Jumat, Produk Domestik Bruto (PDB) Jerman menyusut 0,3% dalam tiga bulan terakhir 2023, sesuai perkiraan awal. Investasi modal anjlok 1,9%, sementara konsumsi swasta naik 0,2% dan pengeluaran pemerintah naik 0,3%.

Data ini menyoroti kelemahan Jerman yang berkepanjangan, kinerja yang semakin menjadi perhatian para politisi di Berlin. Pemerintah minggu ini memangkas perkiraan pertumbuhan 2024 menjadi hanya 0,2%, menyusul kontraksi 0,3% sepanjang 2023.

Ekonomi yang bergantung pada ekspor ini telah menderita akibat permintaan luar negeri yang lemah, suku bunga tinggi, hilangnya pasokan energi Rusia dan ketegangan geopolitik. Ketidaksepakatan dalam koalisi tiga partai Kanselir Olaf Scholz dan keputusan pengadilan yang mengganggu rencana pengeluarannya telah meningkatkan ketidakpastian.

PDB Jerman. (Sumber: Bloomberg)