Logo Bloomberg Technoz

Industri manufaktur, yang menjadi salah satu pendorong pertumbuhan Jerman, telah mengalami penurunan yang panjang. Sebuah survei pada Kamis (22/2) menunjukkan penurunan tersebut secara tak terduga semakin dalam pada Februari, karena pesanan baru anjlok baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Bundesbank memperkirakan PDB mungkin turun lagi pada kuartal pertama, yang akan membawa negara itu ke dalam resesi. Ini dapat memicu perdebatan tentang prospek jangka panjang Jerman, yang dibayangi kekhawatiran akan birokrasi yang berlebihan, tenaga kerja yang menua dengan cepat, dan kurangnya investasi dalam infrastruktur dan teknologi penting.

"Kita perlu berbuat lebih banyak untuk melakukan reformasi guna mempertahankan daya saing Jerman dalam lingkungan yang berubah total," kata Menteri Ekonomi Robert Habeck pada Rabu.

Penurunan suku bunga oleh Bank Sentral Eropa dan beberapa bank sentral lainnya yang diperkirakan dalam beberapa bulan mendatang mungkin membawa sedikit kelegaan. Sementara itu, kenaikan gaji pekerja dan penurunan inflasi diprediksi dapat mendorong konsumsi swasta.

(bbn)

No more pages