Logo Bloomberg Technoz

Lantik AHY, Pengamat Sebut Jokowi Keluar dari Bayang-bayang PDIP

Muhammad Fikri
23 February 2024 09:30

Jokowi dan Megawati Soekarnoputri saat bertemu, Sabtu (18/03/2023) di Istana Negara (Sumber: PDI-P)
Jokowi dan Megawati Soekarnoputri saat bertemu, Sabtu (18/03/2023) di Istana Negara (Sumber: PDI-P)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasukkan Partai Demokrat ke dalam koalisi pemerintahannya dengan melantik Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR). Padahal, partai besutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut tak pernah terlibat dalam pemenangan Jokowi.

Partai Demokrat sendiri memiliki hubungan yang tak harmonis dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)- partai asal Presiden Jokowi. Hal ini merujuk pada hubungan Megawati Soekarnoputri dengan SBY imbas polemik pada Pemilu 2004.

"[Pelantikan AHY] itu jadi penegas bahwa Jokowi memang tak lagi berada di bawah bayang-bayang PDIP. Artinya, Jokowi bebas menentukan langkah politiknya tanpa ada beban psikologi apa pun dengan partainya," kata Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno saat dihubungi, Kamis (22/2/2024).

"Kalau hubungan Jokowi dengan PDIP masih kuat, sulit membayangkan AHY [bisa] masuk kabinet."

Hubungan Jokowi dengan Megawati Soekarnoputri memang dikabarkan renggang menjelang pendaftaran capres-cawapres Pemilu 2024. Megawati dan PDIP tak mengikuti sertakan Jokowi dalam sejumlah agenda partai termasuk pengumuman Mahfud MD sebagai cawapres.

Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (BPMI Setpres/Muchlis Jr)