Logo Bloomberg Technoz

Tips BMKG Hindari Bahaya Cuaca Ekstrem Hingga Puting Beliung

Redaksi
23 February 2024 08:34

Kondisi usai terjadi angin kencang di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu sore (21/2/2024). (Dok. BNPB)
Kondisi usai terjadi angin kencang di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu sore (21/2/2024). (Dok. BNPB)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang masih akan berlangsung hingga Ahad (25/2/2024). Mereka juga memprediksi masih ada potensi terjadinya angin puting beliung di sejumlah wilayah.

BMKG pun membagikan tips untuk mengenali gejala alam sebelum terjadinya bencana hidrometeorologis atau dampak cuaca ekstrem. 

Pertama, BMKG meminta masyarakat harus mulai waspada terjadinya bencana atau kerusakan saat terjadi hujan lebat dengan durasi lebih dari satu jam; hujan es; hingga munculnya angin puting beliung. Pada kondisi ini, diprediksi bisa terjadi bencana susulan mulai dari banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan kerusakan lainnya.

Kedua, BMKG meminta masyarakat waspada terhadap hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat, petir, dan angin kencang pada sore hari. Apa lagi, hujan tersebut terjadi usai terjadi pemanasan yang tinggi antara pukul 10.00-14.00 WIB.

Pada kondisi ini, kata BMKG, kerap memunculkan awan berwarna gelap, dan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya atau awan Cumulonimbus.

Tangkapan layar puting beliung di Rancaekek (Dok. BNPB)