Logo Bloomberg Technoz

ketiga, BMKG juga memberikan peringatan terhadap potensi bencana alam longsor pada masyarakat di daerah bertopografi curam atau bergunung. Hal ini perlu dilakukan khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut.

Keempat, bagi masyarakat pada daerah dataran rendah dan dekat aliran sungai, untuk mewaspadai potensi genangan/banjir. 

Kelima, sebagai bentuk antisipasi, BMKG meminta masyarakat mewaspadai seluruh hal yang berpotensi roboh atau terbang saat terjadi angin kencang. Masyarakat dan pemerintah setempat bisa mengecek dan memangkas pohon yang terlalu rindang atau rapuh. Masyarakat juga bisa memperkokoh struktur rumah atau bangunan yang sebelumnya menggunakan material ringan.

Khusus ketika terjadi Angin Puting Beliung;

- Jika di dalam ruangan tertutup; 

Tutup semua pintu dan jendela dengan rapat, mematikan seluruh aliran listrik di rumah atau bangunan tersebut, dan mencari tempat yang aman serta hindari di dekat pintu atau jendela.

- Jika di luar ruangan;

Jauhi tiang listrik, papan reklame atau bangunan tinggi lainnya, Hindari area lain yang berpotensi ambruk seperti jembatan atau pohon tinggi, segera cari tempat aman, duduk berlutut dan pegang area belakang kepala.

- Jika di dalam kendaraan; 

Keluar dari dalam kendaraan, dan segera cari tempat berlindung seperti bangunan yang kokoh.

(red/frg)

No more pages