Logo Bloomberg Technoz

Capital One Akuisisi Perusahaan Kartu Kredit Discover Rp548 T

News
21 February 2024 09:20

Capital One. (Sumber: Bloomberg)
Capital One. (Sumber: Bloomberg)

Liana Baker dan Matthew Monks - Bloomberg News

Bloomberg, Capital One Financial Corp sepakat untuk membeli Discover Financial Services dalam kesepakatan all-stock senilai US$35 miliar. Penggabungan ini menciptakan perusahaan kartu kredit terbesar di AS berdasarkan volume pinjaman. Hal ini akan memberikan entitas gabungan tersebut sebuah pijakan yang lebih kuat untuk bersaing dengan raksasa-raksasa Wall Street.

Dalam pernyataannya, Capital One akan menukar 1,0192 sahamnya sendiri untuk setiap saham Discover, dengan premium 26,6% di atas harga penutupan 16 Februari. Transaksi ini, pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg News, diperkirakan akan selesai pada akhir 2024 atau awal 2025. Dengan asumsi dapat melewati tinjauan antimonopoli dan mendapatkan persetujuan pemegang saham.

Pembelian Discover adalah merger terbesar di dunia tahun ini, melampaui akuisisi Synopsys Inc atas pengembang perangkat lunak Ansys Inc senilai sekitar US$34 miliar yang diumumkan pada Januari. Menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg Intelligence, kesepakatan ini akan menyatukan dua merek keuangan konsumen terkemuka, kombinasi yang akan melampaui pesaing-pesaing seperti JPMorgan Chase & Co dan Citigroup Inc berdasarkan volume pinjaman kartu kredit AS. Kesepakatan ini juga akan memberi Capital One landasan dalam dunia jaringan pembayaran.

CEO Capital One Richard Fairbank mengatakan ini adalah "kesempatan tunggal" untuk menyatukan dua perusahaan yang dapat bersaing dengan jaringan pembayaran terbesar.