Logo Bloomberg Technoz

Ukuran gabungan perusahaan kemungkinan akan memicu pengawasan dari regulator antimonopoli, kata analis pada Selasa.

"Mereka akan mendengar dari kaum progresif tentang bagaimana hal ini akan merugikan persaingan," kata Ian Katz dari Capital Alpha Partners. "Faktanya, mereka sudah mengalami itu. Tetapi jika mereka menolak kesepakatan itu, mereka akan dituduh melindungi Visa dan Mastercard, yang sering disebut sebagai duopoli."

Katz mengatakan dia sedikit condong pada pemikiran bahwa kesepakatan itu akan disetujui, "tapi tidak sebelum pemilu pada November."

Penentangan muncul hampir seketika dari Demokrat di Senat AS, di mana Sherrod Brown dari Ohio, ketua Komite Perbankan Senat, memandang buruk ukuran kesepakatan itu. Elizabeth Warren dari Massachusetts menyatakan penolakannya dengan tegas.

"Merger yang membuat perusahaan keuangan yang kuat menjadi lebih besar dan lebih kuat tidak akan menghasilkan apa-apa," kata Brown dalam sebuah pernyataan. "Kami akan memantau semua perkembangan untuk memastikan bahwa merger ini tidak memperkaya pemegang saham dan eksekutif dengan mengorbankan konsumen dan bisnis kecil."

Fairbank mengatakan kepada analis selama panggilan konferensi bahwa bank "dalam posisi yang baik untuk mendapat persetujuan."

Secara historis, Capital One harus bergantung pada Visa Inc atau Mastercard Inc untuk mengeluarkan kartu kreditnya. Dengan membeli Discover, perusahaan akan dapat menghilangkan dua perantara tersebut dan memiliki lebih banyak kontrol atas harga yang dibebankan kepada pedagang setiap kali konsumen menggesek salah satu kartu perusahaan saat checkout.

Menurut analis, Mastercard lebih mungkin merasakan dampak merger daripada Visa. Akan tetapi ada juga pandangan skeptis bahwa kesepakatan Capital One akan membawa perubahan besar. Meskipun mungkin ada "beberapa sinergi yang menguntungkan," kata Trevor Williams di Jefferies, "kami ragu kombinasi tersebut membuat Discover lebih tangguh sebagai pesaing."

Saham Discover melonjak 12,6% dalam perdagangan Selasa, sementara Capital One sedikit berubah. Pemegang Capital One akan memiliki sekitar 60% dari perusahaan gabungan, menurut pernyataan tersebut. Akuisisi ini akan menghasilkan sinergi sebelum pajak sebesar US$2,7 miliar.

"Perusahaan kartu kredit memiliki biaya tetap yang besar untuk teknologi informasi, sebagian untuk algoritma yang bertujuan mencegah penipuan. Jadi lebih besar lebih baik," kata Jay Ritter, profesor keuangan di University of Florida. "Fakta ini telah mengubah banyak industri selama bertahun-tahun, dan saya tidak melihat alasan untuk berpikir bahwa tren ke arah perusahaan yang lebih sedikit, tetapi lebih besar, akan berakhir."

(bbn)

No more pages