Logo Bloomberg Technoz

OJK Mendorong BPR untuk IPO, BEI: Harus Lolos 'Review' Lebih Dulu

Mis Fransiska Dewi
20 February 2024 21:05

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman. melihat papan perdagangan IHSG. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman. melihat papan perdagangan IHSG. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan akan mendorong Bank Perekonomian Rakyat (BPR) berkinerja baik untuk go public atau menjadi perusahaan terbuka.  Meski demikian otoritas pasar modal tentu menetapkan beberapa prasyarat yang harus dipenuhi.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, OJK akan mengeluarkan Peraturan (POJK) perihal kriteria BPR yang dapat melantai di Bursa Indonesia. Namun, tidak semua BPR bisa menjadi perusahaan terbuka karena OJK juga harus melindungi investor.

Hingga saat ini, Dian menyebut sudah ada BPR yang mengajukan IPO saham namun pihaknya belum bisa merespons keinginan BPR tersebut. 

“Ada sih [mengajukan penawaran umum perdana saham], tapi karena ketentuan kami belum keluar. Jadi belum bisa, karena kami harus adil,” kata Dian usai konferensi pers, Selasa (20/2/2024). 

Sementara itu, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Iman Rachman mengatakan terbuka peluang untuk BPR melantai di pasar modal Indonesia. Semakin banyak BPR menjadi perusahaan terbuka akan semakin baik untuk pasar saham.