Logo Bloomberg Technoz

Signature Bank Diperiksa Kejaksaan AS, Ada Dugaan Pencucian Uang

News
15 March 2023 09:29

Signature Bank (Sumber: Bloomberg)
Signature Bank (Sumber: Bloomberg)

Tom Schoenberg, Ava Benny-Morrison and Austin Weinstein - Bloomberg News

Bloomberg - Kejaksaan Amerika Serikat (AS) sedang menyelidiki beberapa aktivitas transaksi yang dilakukan Signature Bank dengan para nasabahnya sebelum bank ini dibekukan akhir pekan lalu. Informasi ini disampaikan oleh sumber yang mengetahui masalah tersebut secara langsung. 

Penyelidik Departemen Kehakiman di Washington dan Manhattan sedang memeriksa apakah bank asal New York ini sudah melakukan prosedur yang benar untuk mendeteksi potensi pencucian uang yang dilakukan nasabah, dengan meneliti orang-orang yang membuka rekening dan memantau aktivitas transaksi yang menunjukkan tanda-tanda kriminalitas, kata sumber tersebut.

Regulator pasar modal AS atau Securities and Exchange Commission (SEC), juga sedang melakukan pemeriksaan, kata dua sumber yang tidak bersedia disebutkan namanya karena proses pemeriksaan ini bersifat rahasia. 

Juru bicara Federal Deposit Insurance Corp (FDIC), lembaga yang menangani bank-bank gagal yang saat ini mengambil kendali Signature Bank, tidak menanggapi pesan dari Bloomberg yang meminta komentar. Perwakilan Departemen Kehakiman, Kantor Kejaksaan AS di Manhattan dan SEC juga menolak berkomentar.