Logo Bloomberg Technoz

Namun juru bicara SEC, yang membawa kasus kegagalan Singnature Bank ke ranah hukum perdata, hanya menyampaikan untuk mengacu pada pernyataan Ketua SEC Gary Gensler pada hari Minggu, yang mendukung FDIC untuk menutup Signature.

“Kami akan menyelidiki dan melakukan tindakan penegakan hukum jika kami menemukan pelanggaran undang-undang sekuritas federal,” kata kepala SEC saat itu.

Signature Bank dan stafnya belum dituduh melakukan kesalahan, dan penyelidikan dapat berakhir tanpa tindakan lebih lanjut. Tidak jelas kapan penyelidikan yang melibatkan Signature Bank dibuka dan apakah itu berpengaruh pada keputusan regulator untuk menutup bank pada hari Minggu. Otoritas Federal mengatakan mereka kehilangan kepercayaan pada manajemen setelah bank gagal memberikan "data yang andal dan konsisten."

Pengawas keuangan dan pejabat Departemen Kehakiman telah berulang kali memperingatkan bahwa perusahaan yang menangani crypto atau uang tunai terkait harus waspada dalam mengidentifikasi pelanggan dan memastikan aliran uang untuk tujuan yang sah. Bank khususnya diwajibkan untuk menandai setiap transaksi yang mencurigakan kepada otoritas federal.

“FBI dan mitra kami tetap teguh dalam komitmen kami untuk menjaga pasar cryptocurrency – seperti pasar keuangan lainnya – bebas dari aktivitas terlarang,” Michael Driscoll, asisten direktur yang bertanggung jawab atas kantor lapangan FBI New York, memperingatkan setelah AS membawa dakwaan terhadap pemilik pertukaran crypto pada bulan Januari.

Regulator telah menekan bank dan perusahaan teregulasi lainnya untuk mundur dari mata uang digital dan aset lainnya untuk mencegah potensi risiko terhadap sistem keuangan. Runtuhnya Signature mengikuti kematian Silvergate Capital Corp minggu lalu, yang juga melayani industri crypto, dan Silicon Valley Bank dari SVB Financial Group.

Ketiga bank tersebut sekarang menghadapi pengawasan AS. Silvergate sedang diselidiki oleh Departemen Kehakiman atas kesepakatan dengan pertukaran FTX Sam Bankman-Fried yang tidak berfungsi dan Alameda Research, Bloomberg melaporkan. Jaksa federal dan SEC juga sedang memeriksa keruntuhan Silicon Valley Bank, termasuk apakah penjualan saham oleh para eksekutif melanggar peraturan perdagangan.

Signature tidak mengungkapkan pertanyaan dalam pengajuan terbarunya.

Setelah runtuhnya FTX pada bulan November, eksekutif Signature mengatakan bahwa mereka bermaksud untuk melepaskan deposit sebanyak $10 miliar dari klien aset digital, yang pada saat itu mewakili lebih dari seperlima dari basis depositnya. Tetapi mereka masih berencana untuk menyimpan beberapa.

"Kami tidak akan keluar dari ruang kripto," kata Eric Howell, kepala operasional bank, pada bulan Desember. "Kami akan terlibat tetapi kami akan terlibat dengan cara yang jauh lebih bijaksana untuk bergerak maju."

(bbn)

No more pages