Logo Bloomberg Technoz

Respons Megawati Soal Menteri PDIP Tak Mundur dari Kabinet Jokowi

Pramesti Regita Cindy
09 February 2024 13:40

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat HUT PDIP ke-51 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Rabu (10/1/2024). (Tangkapan Layar Youtube PDIP)
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat HUT PDIP ke-51 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Rabu (10/1/2024). (Tangkapan Layar Youtube PDIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri menjawab pertanyaan mengenai mengapa kader partainya tidak mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Menurut Megawati, hal tersebut adalah bagian dari pada etika dan moral dalam berpolitik. Selain itu, menurut Presiden ke-5 RI ini kabinet bukanlah tempat mencari sekedar kedudukan. 

"Bagi saya itu adalah etika, etika berpolitik apa? harus punya track record politik, nggak bisa loh kamu asal masuk (Kabinet) terus kamu mau cari kedudukannya aja, No! ada disiplinnya. Itu etika ada moralnya," ungkap Mega dalam perbincangannya di acara Rosi Kompas TV, Kamis (8/2/2024) malam. 

Megawati pun turut membenarkan bahwa ia meminta para kader partainya yang menjadi menteri untuk tetap bertahan di kabinet Presiden Jokowi, dimana menurutnya Presiden tidak bisa bekerja sendiri jika para menteri beramai-ramai mundur.

"Emangnya presiden bisa jalan sendiri? mengakanya dibikin kabinet. Ketika pertama kali saya buat Kabinet, saya bilang tidak ada orang partai, yang ada Presiden, Wakil Presiden, dan para Pembantunya. Jadi kebayang enggak? iya jadi saya juga perlu membantu," jelasnya.