Logo Bloomberg Technoz

Emiten Prajogo Pangestu CUAN Akuisisi PTRO Rp940 M

Muhammad Fikri
08 February 2024 11:10

PT Petrindo Kreasi Jaya Tbk lakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia pada Rabu (8/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)
PT Petrindo Kreasi Jaya Tbk lakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia pada Rabu (8/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rencana Emiten Prajogo Pangestu, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), untuk mengakuisisi sebagian saham PT Petrosea Tbk (PTRO) terus berlanjut. Perusahaan juga menyampaikan sumber dana akuisisi hingga pengembangan PTRO usai akuisisi.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Kamis (8/2/2024),  akuisisi 34% atau setara 342,92 juta saham Petrosea (PTRO) akan dilakukan melalui anak usaha Petrindo Jaya Kreasi (CUAN), yakni PT Kreasi Jasa Persada.

Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) sebelumnya mendapat pinjaman dari Bank Negara Indonesia (BNI) senilai Rp940 miliar. Dana ini kemudian disetor ke Kreasi Jasa Persada.

Saham PTRO yang akan dibeli Kreasi Jasa Persada adalah saham-saham milik PT Caraka Reksa Optima, entitas yang dikendalikan Haji Romo Nitiyudo Wachjo alias Haji Robert.

Usai akuisisi sebagian saham tersebut, ada lima strategi jangka panjang yang dilakukan untuk PTRO. Berikut rinciannya.

  1. Menguatkan lini bisnis PTRO saat ini dengan meningkatkan value creation dengan klien yang sudah ada maupun klien baru.
  2. Mendiversifikasi portofolio proyek PTRO ke sektor pertambangan mineral lain dan menangkap peluang usaha lain di sektor minyak, gas bumi, dan infrastruktur seiring dengan perkembangan industri.
  3. Meningkatkan efisiensi PTRO dalam memberikan nilai lebih kepada klien.
  4. Melanjutkan proses transformasi secara menyeluruh dalam peningkatan kompetensi dan manajemen sumber daya.
  5. Memperkuat budaya keselamatan kerja dan kesehatan.